Kriteria Dan Ciri-Ciri Tanaman Yang Dapat Dijadikan Bonsai

Perlu diketahui bersama bahwa tidak semua jenis tanaman bisa dijadikan tanaman hias bonsai. Ada beberapa ciri-ciri tertentu yang terdapat pada tanaman yang bisa dibuat bonsai. Ciri-ciri tanaman yang dapat dijadikan bonsai haruslah sesuai dengan sifat dan ciri-ciri bonsai. Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang berbagai kriteria tanaman yang bisa dijadikan tanaman bonsai untuk Anda yang tertarik melakukan budidaya bonsai.

Kriteria Dan Ciri-Ciri Tanaman Yang Dapat Dijadikan Bonsai

Ciri-Ciri Tanaman yang Cocok Dibonsai       

Tanaman Dikotil
Syarat pertama sebuah tanaman akan dijadikan bonsai adalah yang termasuk dalam tanaman berkepang dua yang memiliki kelebihan mampu beradaptasi di dalam tempat yang begitu sempit, seperti hidup dalam pot. Selain itu, tanaman dikotil juga merupakan tanaman berkambium yang biasanya memiliki bentuk pohon keras, sehingga tanaman jenis ini cocok jika dibuat bonsai.

Mampu Beradaptasi
Tanaman yang akan dijadikan bonsai haruslah memiliki ketahanan dalam beradaptasi dengan lingkungan yang sempit, tidak terkena siraman air hujan serta terkena sinar matahari yang cukup. Karena bonsai harus hidup dalam ruang yang sempit, sehingga tanaman harus kuat bertahan hidup dengan akar yang tidak dapat menyerap makanan dengan maksimal.

Berumur Panjang
Ciri-ciri tanaman yang dapatdijadikan bonsai selanjutnya adalah tanaman yang memiliki ketahanan hidup lebih lama atau bisa dibilang umur tumbuhnya lama. Hal ini menjadi penting karena tanaman bonsai membutuhkan perawatan yang tidak sebentar dan untuk mendapatkan keindahan sempurna, berarti bonsai harus tumbuh lebih lama.

Berdaun Lebat, Tidak Mudah Rontok
Tumbuhan dengan ciri-ciri daun lebat akan memiliki pertumbuhan yang tidak terlalu cepat, ditambah lagi jika daun tersebut berbentuk kecil dan tidak mudah rontok, hal tersebut akan membantu proses pertumbuhan pohon yang sedikit lambat.

Berbentuk Indah
Tanaman bonsai merupakan tanaman hias yang harus memiliki nilai keindahan, oleh karena itu bibit bonsai haruslah memiliki daya tarik keindahan yang alami.

Itulah beberapa ciri-ciri tanaman yang dapat dijadikan bonsai sebagai informasi tambahan untuk Anda yang berminat membudidayakan tanaman hias bonsai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel