Awas! Ini Bahaya Gel Pembersih Tangan

Ilustrasi (Foto : medianita.com)

Mencuci tangan sesering mungkin adalah bagian dari hidup sehat. Tidak perlu repot mencari keran air, bagi kebanyakan orang gel pembersih tangan atau hand sanitizer adalah solusinya.

Banyak orang yang mengira bahwa beberapa tetes saja dapat ampuh menghilangkan kuman pada tangan. Tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata gel pembersih tangan tidak baik untuk kulit tangan ?

Menurut Dermatolog Mona Gohara, MD, seperti dikutip shape.com, pembersih tangan tidak bisa menjadi pengganti pencuci tangan. Sebab, tanpa kandungan alkohol sebanyak 60 persen, maka pembersih tangan tersebut tidak bisa membunuh kuman. Sedangkan kebanyakan gel pembersih tangan hanya mengandung 40 persen alkohol.

Dengan berbahan dasar alkohol, gel pembersih tangan dapat menyebabkan iritasi pada kulit, ketika menggunakan gel pembersih tangan tanpa disadari Anda telah menghilangkan lapisan pelindung tangan yang terdiri protein penting. Akibatnya, tangan menjadi kering dan menjadi iritasi.

Selain menyebabkan iritasi kulit, gel pembersih tangan juga meningkatkan resiko infeksi gastroentitis. Dalam infeksi ini virus yang disebut norovirus memicu peradangan mukosa usus, sangat mudah menular dan memicu diare, mual, dan nyeri pada usus.


Menurut Dr. David Blaney dari pusat kontrol penyakit dan pencegaran, Amerika Serikat, mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir adalah cara terbaik untuk membersihkan tangan dan menghilangkan kuman yang melekat.

Pendapat yang sama juga diungkapkan oleh Carol Mclay, RN, Prevention Consultant, di Lexington. Ia setuju jika mencuci tangan dengan sabun adalah tindakan paling tapat, selain dari menghilangkan kuman juga bisa menjadi pencegah penyebaran penyakit. Sementara gel pembersih tangan hanya mengurangi kuman dan tidak menghilangkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel