Menakjubkan! Ratusan Cacing Di Gua Ini Memancarkan Cahaya Biru Indah

Gua Waitomo (Foto: avenlylanetravel.com)

Keindahan yang terlihat layaknya lampu yang menghiasi langit-langit gua dan memancarkan cahaya biru yang sangat indah. Siapa sangka pancaran cahaya itu berasal dari ratusan cacing yang nampak seperti berada di luar angkasa dan mengambang di antara bintang-bintang tetapi ini bukan di angkasa melainkan berada di dalam gua.

Keindahan yang dimaksud adalah Gua Waitomo di Selandia Baru. Gua yang terletak 45 meter di bawah tanah ini ditemukan pada tahun 1940-an. Para pengunjung yang ingin melihat cacing-cacing ini dapat mengikuti tur menggunakan perahu untuk masuk ke dalam gua.

Gua ini dihuni oleh ratusan cacing Lampyris atau Glowwrom, cacing betina dewasa dan larva yang bisa bersinar mengeluarkan cahaya biru terang yang sangat indah.

(Foto: avenlylanetravel.com)

Cahaya yang dikeluarkan cacing-cacing tersebut sebenarnya untuk menarik perhatian serangga lain agar bisa dijadikan makanan. Selain itu, cahaya yang di keluarkan cacing betina untuk menarik perhatian cacing jantan agar terjadinya proses perkawinan.


Namun sayangnya, Fenomena ini sangat jarang terjadi dan cacing-cacing tersebut akan 'mogok' mengeluarkan cahaya apabila terkena lampu kamera karena dapat merusak penglihatan mereka dan mempengaruhi kemampuan mereka untuk mengeluarkan cahaya.

(Foto: avenlylanetravel.com)

Seorang fotografer asal Inggris bernama Shaun Jeffer berkali-kali dalam waktu satu tahun mengunjungi Gua Waitomo demi memotret panorama dalam gua itu. Tidak sia-sia kerja kerasnya membuahkan hasil, ia dapat mengabadikan foto cacing-cacing gua yang sangat menakjubkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel