Cara Menjaga Daun Bonsai Tetap Berukuran Kecil

Pohon bonsai adalah pohon yang berasal dari bibit atau benih pohon biasa, namun dalam teknik penanamannya pohon bonsai bisa menjadi pohon yang berukuran mini. Baik akar , batang, cabang maupun daun pohon bonsai, semuanya berukuran mini. Sebagian orang bertanya-tanya bagaimana cara agar daunnya menjadi berukuran sangat kecil?

Cara Menjaga Daun Bonsai Tetap Berukuran Kecil

Ada beberapa teknik yang bisa diterapkan agar menghasilkan specimen bonsai yang seimbang dengan daun kecil yang menawan.

Pemilihan varietas pohon berdaun kecil
Ada beberapa tanaman dengan daun besar misalnya magnolia, ada juga tanaman yang memiliki daun kecil seperti dedalu (gandarusa/ willow), oak dan elf. Seleksi awal dalam pemilihan jenis tanaman ini akan sangat menentukan daun bonsai yang dibuat.

Cahaya matahari yang cukup
Kebanyakan spesimen bonsai berkembang dalam kondisi pencahayaan yang terang. Jika Anda ingin membuat ukuran daun yang lebih kecil, maka sangat penting untuk memastikan pohon bonsai agar terkena banyak sinar matahari alami. Tempatkan bonsai di luar di mana bonsai akan mendapat sinar matahari langsung. Bonsai yang tumbuh di bawah sinar matahari langsung tidak perlu meningkatkan ukuran daunnya untuk mengumpulkan energi. Hal ini akan menjaga ukuran daun tetap kecil.

Pemangkasan daun
Teknik selanjutnya adalah dengan pemangkasan daun. Pemangkasan daun bisa dilakukan ke semua daun atau sebagian daun bonsai. Seiring waktu, pemotongan yang benar akan menghasilkan daun yang lebih kecil dari daun specimen ukuran penuh.


Kombinasi pemilihan specimen yang tepat, teknik penanaman yang benar, asupan cahaya matahari dan pemangkasan yang rutin akan menghasilkan pohon bonsai yang indah dan berdaun kecil sesuai keinginan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel