Cara Membuat Bonsai Kamboja Yang Unik

Bunga kamboja merupakan salah satu bunga yang memiliki keindahan yang banyak disukai oleh masyarakat. Karena alasan itulah banyak orang yang juga ingin membuat bunga kamboja menjadi bonsai untuk hiasan di dalam rumah. Caramembuat bonsai kamboja ini termasuk susah-susah gampang karena selain anda harus berhati-hati anda juga harus sangat selektif dalam menentukan segala sesuatu yang nantinya akan berpengaruh terhadap tanaman bonsai kamboja tersebut. Langsung saja berikut ini kita akan membahas tentang cara menciptakan bonsai kamboja yang unik dan menarik.

Bentuk batang sesuai dengan keinginan anda
Cara membuat bonsai kamboja yang pertama yaitu anda harus memilih cabang atau batang yang akan anda bentuk. Batang yang anda pilih harus berukuran sedang atau minimal seukuran jari telunjuk orang dewasa. Setelah itu lilit batang tersebut menggunakan kawat yang berbahan stainless steel atau aluminuim dengan ukuran � dari ukuran batang bonsai. Lilit batang sesuai dengan selera anda dengan pasti namun harus dengan hati-hati pula. Kawat harus melilit dan terpasang dengan kuat pada batang supaya dapat menopang dan kemudian membentuk bonsai.

Bonsai Kamboja

Kawat tersebut bisa dilepas saat batang sudah bisa berdiri sendiri tanpa kawat atau bisa dicoba dengan percobaan sederhana yaitu lepas sebagian kawat dan jika bonsai telah berdiri dengan tegak atau tidak goyang maka itu artinya kawat sudah bisa dilepas namun sebaliknya jika batang masih terlihat goyang maka itu artinya kawat masih harus berada lebih lama lagi melilit batang bonsai. Patokan waktu yang paling umum dalam cara membuat bonsai kamboja ini adalah selama kurang lebih 2 minggu untuk batang muda dan sekitar 2 bulan untuk batang yang tua.

Cara membuat bonsai kamboja untuk batang bonsai yang lebih tua anda harus menariknya sekuat mungkin karena memang pada tanaman tua lebih sulit untuk dibentuk dan jangka waktunya juga harus lebih lama karena batang yang telah tua memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk kembali ke bentuk semula. Bahkan ada sebagian orang yang melepas kawatnya setelah jangka waktu 3 hingga 4 tahun demi mendapatkan bentuk bonsai yang sempurna. Walaupun memang cara membuat bonsai bunga kamboja ini sangat mudah namun membutuhkan waktu yang lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel