Cara Membuat Bonsai Cemara Udang

Terdapat berbagai macam tanaman bonsai yang sangat digemari karena dapat menyulap pemandangan di taman atau bahkan di dalam rumah anda menjadi lebih indah dan terlihat lebih mewah. Salah satu yang paling digemari adalah bonsai cemara udang. Tanaman yang satu ini digemari karena bentuknya yang unik dengan berbagai variasi. Tanaman ini disebut dengan cemara udang karena jika sudah tumbuh maka bentuknya akan meliuk atau melengkung dengan dahan-dahan yang rapat yang jika dilihat menyerupai kaki udang. Cara membuat bonsai cemaraudang ini juga tidak begitu sulit. Berikut ini ulasan mengenai tips membuat bonsai cemara udang.

Tanam cemara dengan media tanam serutan kayu
Cara membuat bonsai cemara yang pertama tentu anda harus menanam cemara ke dalam pot dengan media tanam serutan kayu. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman air 2 kali setiap hari pada pagi hari dan pada sore hari. Lakukan juga pemeriksaan sesering mungkin jangan sampai ada rayap atau hama lainnya yang menghuni pot. Untuk mengantisipasinya anda bisa menyemprotkan pestisida selama minimal satu minggu satu kali. Dan selain penyiraman anda juga perlu memberikan nutrisi kepada tanaman ini berupa pupuk npk supaya daun dan batang pada tanaman cemara menjadi subur.

Cara Membuat Bonsai Cemara

Lakukan perawatan pada bonsai cemara udang
Dan cara membuat bonsai cemara yang berikutnya yaitu anda bisa mulai merawat tanaman cemara yang akan anda jadikan sebagai bonsai. Caranya yaitu dengan memotong daun-daun pada batang-batang cemara setiap satu bulan sekali. Dalam memotong daun ini anda juga bisa mengkreasikan bentuk yang anda inginkan jika anda ingin bonsai yang anda buat lebih unik dan berbeda dengan bonsai-bonsai yang lain. Dan yang harus anda perhatikan adalah pemberian pupuk kandang pada cemara ini tidak boleh berlebihan dan gunakan secukupnya saja.

Mengembangkan bonsai cemara udang dengan stek batang
Sayang rasanya jika caramembuat bonsai cemara sebagai tanaman unik yang satu ini tidak dikembangkan. Anda bisa mengembangkan bonsai cemara udang ini dengan cara stek batang. Cara mengembangkan bonsai cemara sangat mudah, yaitu hanya dengan memotong salah satu batang cemara yang telah anda tanam lalu ambil cabang kecil yang berdiameter kurang lebih 1 cm dengan panjang 5 cm kemudian rendam ke dalam larutan naphthalene-1-acetic acid (naa) kemudian anda bisa langsung tanam batang tersebut ke dalam media tanam yang telah anda sediakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel